Segala puji bagi allah tuhan semesta alam, dan selawat serta salamnya untuk junjunga kita muhammad utusan yang paling mulian dan akhir para nabi, dan untuk keluarganya yang baik-baik, dan para sahabatnya yang suci , semuanya.

Amma bakdu, diriwayatkan dari ‘aisyah ra. dari rosulllah saw. hak seorang anak atas orang tuanya adalah orang tuanya harus memperbaiki nama anak, dan memperbaiki susunya, dan memperbaikan adabnya.

Dari ibn sirrin ra. beliau berkata: ulama’ dahulu belajar petunjuk seperti merka belajar ilmu.

Dari Hasan al basri ra. berkata: sesungguhnya seorang itu harus keluar untuk adab dirinya, bertahun tahun lalu bertahun tahun.

Dari Sufyan ibn Uyainah ra. sesungguhnya Rasulullah saw. adalah ukuran agung, kepada beliau di timbang segala susuatu tehadap akhlaq beliau, sirah beliau dan petunjuk beliau. apa yang cocok dengan hal tersebet maka itulah kebenaran, apa yang tidak cocok maka itulah kebatilan.

Dari hubaib ibn As Syahid,  ia berkata pada anaknya: temanilah ahli fiqih dan belajarlah adab mereka dari mereka, karena hal tersebut lebih aku sukai dari pada banyak omong.

Ruwaim berkata: wahai anakkau jadikanlah ilmumu adalah garam dan adabmu adalah tepung.

Ibn Mubaroh berkata: kita lebih butuh kepada sedikit adab dari pada banyak ilmu.

Dikatakan kepada imam Syafi’i: bagaimana keinginanmu terhadap adab, beliau berkata: saya mendengr dengan huruf dari ilmu, maka anggota tubuh saya mengiginkan bahwa tubuhmu memiliki telinga yang merasakan nikmat,, dan dikatakan beliau: bagaimana mencarimu terhadap adab: seperti mencarinya ibu terhadap anaknya yang ia tidak memiliki anak selain anak itu.

Sebagian ulama’ berkata: tauhid mewajibkan iman, barang siapa tidak memiliki imna maka ia tidak memiliki tauhid, dan imam mewajibkan syari’ah, barang siapa tidak memiliki syari’ah maka ia tidak memiliki iman dan tidak memiliki tauhid, dan syariah mewajibkan adab, barangsiapa tidak memiliki adab maka ia tidak memiliki syariah, juga tidak memiliki iman dan tidak memiliki tauhid.

ini semuanya adalah nash nash yang jelas dan perkataan yang dikuatkan dengan cahaya ilham, yang menjelaskan tentang tingginya kedudukan adab yang menjelaskan bahwa seluruh amal agama, baik amal hati atau amal badan, baik berupa ucapan atau perbuatan, tidak di akui kecuali jika dipenuhi dengan adab-adab yang baik dan sifat-sifat yang terpuji dan akhlak yang mulia, dan bhawa menghiasai amal dengan adab saat sekarang itu menjadi tanda diterimanya ama di saat besok, dan bahwa adab adalah dibutuhkan pelajar di setiap keadaan belajarnya, juga dibutuhkan oleh guru di saat-saat mengajarnya.

Dan ketika derajat adab sampai pada derajat ini, dan tempat menemukan perinciannya adalah samar, maka kebutuhan pelajar terhadap adab menarikku utnuk mengumpulkan dari kitab ini, untuk pengigat diriku, dan untuk orang orang yang kurang dari putra-putra bangsaku. dan aku namakan adabul alim wal muta’allim” semoga Allah memberi manfaat kitab ini dalam kehidupan dan setelah mati, sesungguhnya Allah yang memberi kebaikan.

Allah berfirman: Allah mengangkat derajar orang-orang yang beriman dari kalian dan orang-orang yang memiliki ilmu. maksudnya mengankat derajat ulama karena mereka mengumpulan ilmu dan amal.

Ibn Abbas ra. berkata: derajat ulama’ di atas orang-orang mukmin terpaut tujuh ratus derajat, jarak antara dua derajat adalah lima ratus tahun.

Allah berfirman: Allah bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan para malaikat dan orang-orang yang memiliki ilmu al ayat. Allah memulai dengan dirinya, dan menomerduakan malaikat, dan menomertigakan ahli ilmi, dan dengan ini cukup bagimu kemuliaan , keutamaan , keagungan, dan kecerdasan.

Allah berfirman: sesungguhnya yang takut kepada Allah dari hamba-hambanya adalah para ulama’, dan Allah berfirman, sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh mereka adalah sebaik makhluk, sampai firman Allah: hal tersebut utnuk orang yang takut tuhannya. dua ayat ini menunjukkan bahwa ulama adalah mereka yang takut kepada Allah, dan orang-orang yang takut kepda Allah adalah sebaik makhluk, maka menjadi kesimpulan bahwa ulama’ adalah sebaik makhluk.

Rasulullah bersabda: siapa yang allah harapkan kebaikan maka allah akan memandaikan masalah agama.

Rasulullah bersabda: ulama’ adalah pewaris para nabi. cukup bagimu derajat ini keagungan dan kemuliaan, dan dengan derajat ini kemuliaan dan sebutan. dan ketika tidak ada derajat di atas derajat nabi, maka tiada kemuliaan di atas kemuliaan mewarisi derajat tersebut.

dan tujuan dari ilmu adalah mengamalkannya, karena amal adalah buah ilmu dan faidah umur, dan sangu akhirat, barang siapa mendapatkannya akan bahagia, dan barang siapa kehilangan maka ia merugi. dan ketika disebut di sisi nabi saw. dua orang yang salah satunya ahli ibadah dan lainnya orang alim, beliau bersabda: keutamaan seorang alim atas seorang hamba seperti keutamaanku atas orang paling rendah di antra kalian.

Rasulullah saw. bersabda: barangsiapa menapaki jalan untuk mencari ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke sorga.

Rasulullah saw. mencari ilmu adalah kewajiban bagi seluruh orang muslim dan muslimah, dan pencari ilmu dimintakan maaf oleh setiap sesuatu sampai ikan di lautan.

Rasulullah saw. bersabda: barangisapa berangkat pagi untuk mencari ilmu maka malaikat memintakan rahmat baginya, dan ia diberkahi dalam kehidupannya.

Rasulullah saw. bersabda: barangsiapa berangkat pagi ke masjid ia tidak mengiginkan kecuali belajar kebaikan, atau mengajarkannya maka ia mendapatkan seperti pahala haji yang sempurna.

Rasulullah saw. bersabda: orang alim dan orang yang belajar seperti ini dari ini -dan beliau mengumpulkan antara jari telunjuk dan sampingnya- bersuku dalam kebaikan, dan tiada kebaikan di seluruh manusia setelah itu.

Rasulullah saw. bersabda: jadilah orang yang alim atau orang yang belajar, atau yang mendengar atau yang mencintai semuanya, dan jangan menjadi yang kelima maka kamu akan rusak.

Rasulullah saw.  bersabda: belajarlah ilmu dan ajarkanlah kepada manusia.

Rasulullah saw. bersabda: jika kalian melihat pertamanan sorga maka berpanenlah. di katakan: wahai rosulullah apa pertamanan sorga itu? beliau menjawab: majlis dzikir. atho’ berkata: majlis dzikir adalah majlis halal dan haram, bagaimana kamu membeli bagaiman kamu sholat bagaiman kamu berzakat bagaimana kamu haji, bagaimana kamu nikah, bagaimana kamu menalak, dan apa yang menyamai hal tersebut.

Rasulullah saw. bersabda: belajarlah ilmu dan amalkannya.

Rasulullah saw. bersabda: belajarlah ilmu dan jadilah dari ahli ilmu.

Rasulullah saw. bersabda: di hari kiamat ditimbang tinta ulama’ dan darah syuhada.

Rasulullah saw. bersabda: Allah tidak disembah dengan susuatu yang lebih utama dari pada belajar agama, dan orang ahli fiqih satu lebih berat bagi setan daripada seribu ahli ibadah.

Rasulullah saw. bersabda: tiga orang dapat memberi syafaat di hari kiamat: para nabi, lalu para ulama, lalu para syahid.

Dan diriwayatkan: bahwa para ulama di hari kiamat berada di atas mimbar dari cahaya.

Hakim husain di awal komentar-komentarnya bahwa diriwayatkan dari nabi saw. beliau bersabda: barangsiapa mencintai ilmu dan ulama’ maka kesalahan-kesalahannya tidak ditulis di hari kehidupannya. beliau berkata: dan diriwayatkan dari nabi saw. barang siapa sholat dibelakang orang alim maka ia seakan sholat di  belakang nabi, dan barang siapa sholat di belakang nabi maka ia di ampuni.