Segala puji bagi Allah yang maha mulia, maha memberi, yang memiliki anugrah, keutamaan dan kebaikan. Yang menunjukkan kita kepada keimanan, dan mengutamakan agama kita atas agama-agama lain, dan memberi anugerah kita dengan mengutusnya makhluk yang paling mulia di sisinya, dan yang paling utama menurutnya, kekasihnya, hambanya dan utusannya, yaitu Muhammad SAW, maka dengan beliau Allah menghapus menyembah berhala, dan Allah memuliakan beliau dengan mukjizat yang terus dalam silih bergantinya waktu, yang dengan mukjizat itu Allah menantang seluruh manusia dan jin, dan dengan mukjizat itu Allah membungkam setiap orang yang yang sesat dan durhaka, dan Allah menjadikannya penenang pagi hati-hati orang yang memiliki pandangan hati dan pengetahuan, tidak rusak karena banyaknya perulangan dan perubahan waktu, dan Allah menjadikannya mudah untuk diingat sehingga anak-anak kecil dapat menghafalkannya, dan Allah menanggung penjagaannya dari datangnya perubahan kepada pembaruan, mukjizat tersebut dijaga dengan pujian Allah dan anugrahnya selama perubahan siang dan malam, dan ditunjukkan untuk memperhatikan ilmu-ilmunya orang yang yang salah pilih terdiri dari ahli kecerdasan dan ketekunan, lalu mereka mengumpulkan di ilmu-ilmu Alquran dari setiap cabang yang menjadikan kan jelas bagi dada ahli keyakinan, aku memuji Allah atas hal tersebut dan nikmat-nikmat lainnya yang tidak terhitung terkhusus nikmat iman, dan aku minta Allah anugerah untukku dan untuk seluruh kekasihku dan seluruh orang Islam dengan keridhoan, dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah tiada sekutu baginya, persaksian yang menghasilkan ampunan, menyelamatkan pemiliknya dari neraka, mendatangkan pada menempati surga.

Amma ba’du, maka sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala memberi anugerah ini -semoga Allah menambah kemuliaan- dengan agama yang yang Allah ridhoi yaitu agama Islam, dan Allah mengutus kepada umat ini Muhammad sebaik manusia, untuk beliau dari Allah sebaik sholawat barokah dan salam, dan Allah memuliakan umat ini dengan kitab nya sebaik Kalam, dan didalam jam ukuran tersebut Allah mengumpulkan seluruh apa yang dibutuhkan kan seperti kabar kau awal dan akhir, pengingat dan contoh-contoh, adab dan macam-macam hukum, dan dalil-dalil yang memutus yang jelas, dalam menunjukkan terhadap keesaan nya, dan selain itu dari setiap apa yang dibawa para utusannya, yang menghancurkan bagi ahli penyimpangan dan kesesatan yang rendah, dan Allah menggandakan pahala dalam membacanya, dan memerintahkan kita untuk memperhatikan dan memuliakan, dan menetapi adab kepada Alquran, dan menyerahkan tenaga untuk menghormati.

Dan telah menulis tentang keutamaan membaca Alquran sekelompok para pilihan dan para ilmuwan, kitab-kitab yang diketahui oleh orang-orang yang memiliki akal dan pemahaman, tetapi telah lemah keinginan untuk menghafalkan nya, bahkan untuk melihatnya, maka tidak dapat mengambil kemanfaatannya kecuali beberapa orang yang memiliki pemahaman, dan aku melihat penduduk negaraku damaskus -semoga Allah menjaganya dan melindunginya dan seluruh negara Islam- memperbanyak dalam memperhatikan membaca Alquran Aziz, mempelajarinya dan mengajarkannya, memaparkannya dan mempelajarinya, bersama-sama dan sendiri-sendiri, mereka bersungguh-sungguh di malam hari dan siang hari, semoga Allah menambah mereka mencintai Alquran, dan seluruh macam-macam taat, seraya mengharapkan ridha Allah yang memiliki keagungan dan kemuliaan, maka hal tersebut mengajakku untuk mengumpulkan ringkasan tentang adab penghafal Alquran, dan sifat-sifat menghafalnya dan pencarinya, karena Allah telah mewajibkan nasehat akan kitab nya, dan diantara nasehat karenanya adalah menjelaskan adab penghafal Alquran dan pencariannya, dan menunjukkan mereka pada saat itu, dan mengingatkan mereka terhadap nasehat, dan aku mendahulukan ringkasan, dan menjauhi panjang dan memperbanyak, dan aku meringkas di setiap bab pada ujung-ujung nya, dan aku membuat isyarat dari setiap macam adab nya pada sebagian macam-macamnya, maka dari itu yang sering aku sebut dengan membuang sanad-sanadnya, walaupun sanad-sanadnya Alhamdulillah dalam diriku termasuk yang hadir, karena maksudku adalah mengingatkan pada asal tersebut, dan isyaroh pada apa yang aku ingat kan di situ. Sebab dalam memilih meringkasnya adalah mendahulukan menghafal dan memperbanyak memberi manfaatnya dan penyebarannya.

Lalu yang terjadi dari sulitnya nama-nama dan bahasa di bab di akhir kitab, agar sempurna pemanfaat pemiliknya, dan hilang keraguan untuk mencarinya. Dan masuk jika kandungan tersebut dan di antara BAB jumlah-jumlah kaidah, dan kebaikan dari kepentingan faedah-faedah, dan antara hadis shahih dan dhaif yang disandarkan pada perawinya dari imam imam yang tetap. Dan mereka tidak mengerti tentang hal tersebut di beberapa keadaan.

Dan ketahuilah bahwa ulama hadis dan lainnya memperbolehkan amal Dengan hadis dhaif dalam keutamaan amal, beserta ini maka saya meringkas pada yang sahih, kakak tidak saya sebut yang dhaif kecuali di sebagaian keadaan.

Dan hanya kepada Allah yang mulia tawakal ku dan pegangan ku. Dan hanya kepadanya pasrahku dan sandaranku, dan aku memintanya menapaki jalan kebenaran, dan terjaga dari ahli penyimpangan dan pengingkaran, dan selalu terhadap hal tersebut dan lainnya dari Kebagusan dalam tambahan, dan aku mendekatkan diri kepada Allah agar menunjukkan ku pada ridhonya, dan agar menjadikanku termasuk orang yang takut kepadanya dan bertakwa kepadanya sebaik takwa, dan agar menunjukkan ku dengan sebaik niat, dan memudahkan ku setiap macam-macam kebaikan, dan menolongku pada macam-macam kemuliaan, dan menetapkan atas hal tersebut sampai mati, dan agar Allah memberlakukan hal tersebut kepada seluruh kekasihku, dan seluruh orang-orang Islam laki-laki dan perempuan, dan yang mencukupi ku adalah Allah dan sebaik yang dipasrahi, Dan tiada daya dan kekuatan kecuali pada Allah yang maha tinggi dan lah agung.

Kitab ini mencakup 10 bab:
Bab pertama tentang pembahasan keutamaan membaca Alquran dan penghafalnya.
Bab kedua tentang mengumpulkan Alquran dan pembacanya atas lainnya.
Bab ketiga tentang memuliakan ahli Quran dan larangan tentang menyakiti mereka.
Bab keempat tentang adab mengajar Alquran dan yang mempelajarinya.
Buat kelima tentang adab penghafal Alquran.
Bab keenam tentang adab Alquran, dan ini mayoritas kitab dan tujuannya.
BAB ketujuh tentang adab semua manusia dengan Alquran.
Bab kedelapan tentang ayat-ayat dan surat-surat yang yang dianjurkan di waktu waktu dan keadaan tertentu.
Bab kesembilan tentang menulis Alquran dan memuliakan mushaf.
Bab ke sepuluh tentang menjelaskan lafadz-lafadz kitab ini

Allah berfirman orang-orang yang membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menginfakkan dari apa yang kami rezeki kepada mereka secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan mereka mengharapkan dagangan yang tidak akan rugi agar Allah menyempurnakan pahala mereka dan menambah mereka dari anugerahnya sesungguhnya iya maha mengampuni dan maha terima kasih.

Dan kami meriwayatkan dari Utsman bin Affan ia berkata Rasulullah bersabda sebaik-baik kalian seseorang yang belajar Alquran dan mengajarkannya

Hadits riwayat abu Abdillah Muhammad Ismail bin Ibrahim al-bukhari dalam kitab shahihnya yang mana itu adalah kitab paling shahih setelah Alquran.

Diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu Anhu ia berkata Rasulullah bersabda seseorang yang membaca al-quran dan ia pandai itu bersama malaikat yang mulia dan seorang yang baca Quran dan ia kesulitan ia mendapatkan dua pahala hadits riwayat Bukhari dan Abul Husain muslim bin Muslim Al qusyairi an naisaburi dalam kedua kitab shahihnya


Diriwayatkan dari abu Musa Al Asy’ari ia berkata Rasulullah bersabda perumpamaan seorang mukmin yang membaca Alquran seperti buah utrujah baunya baik rasanya enak, dan perumahan seorang mukmin yang tidak baca Alquran seperti kurma tidak ada baunya tapi rasanya enak manis, dan perumpamaan seorang munafik yang baca Alquran seperti raihanah baunya harum tapi rasanya pahit, dan perumpamaan munafik yang tidak membaca Alquran seperti hamdalah tidak ada baunya dan rasanya pahit. Hadits riwayat Bukhari Muslim.


Dan dari Umar bin Khattab bahwa nabi berkata sesungguhnya Allah mengangkat dengan kalam ini beberapa kaum, dan merendahkan dengan kalam ini kaum kaum yang lain. hadits riwayat Muslim.

Dari abu umamah Al bahili dia berkata saya pernah mendengar Rasulullah bersabda bacalah Alquran karena Alquran datang di hari kiamat menjadi penyanyi saat bagi pembacanya. hadits riwayat Muslim


Dari Ibnu Umar dari nabi beliau bersabda tidak boleh ada kepinginan kecuali terhadap dua orang seorang yang diberi Alquran dan dia membacanya di malam dan siang hari dan seorang yang diberi oleh harta dan Yaya menginfakkan di malam dan siang hari hadits riwayat Bukhari Muslim.


Dan kami lewatkan juga dari Abdullah bin Mas’ud dengan lafadz tidak boleh ada kepinginan kecuali terhadap 2 orang seorang yang diberi Allah harta dan menggunakan dalam kebaikan dan seorang yang diberikan oleh hikmah dan dia memberi putusan dengan hikmah itu dan mengajarkannya.

Dan dari Abdullah bin Masud ia berkata Rasulullah bersabda barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka ia mendapatkan kebaikan dan kebaikan kan dengan 10 gandaan dan aku tidak mengatakan Alif lam mim adalah satu huruf tapi Alif huruf lam huruf mim huruf. Hadis riwayat abu Musa Muhammad bin Ishaq Tirmidzi dan ia berkata hadits Hasan shahih.


Dan diriwayatkan dari abu Sa’id al-khudri dari nabi beliau bersabda Allah bersabda barangsiapa tersibukkan Alquran dan mengingatku dari minta aku maka aku akan memberikan iya sebaik apa yang aku beri terhadap orang-orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah atas seluruh alam seperti keutamaan Allah atas makhlukNya hadits riwayat Tirmidzi dan ia berkata hadits Hasan ghorib.


Tidurkan dari Ibnu Abbas dia berkata Rasulullah bersabda seorang yang di dalamnya tidak ada Al Quran seperti rumah yang runtuh dan ia berkata hadits Hasan shahih.


Urutkan dari Abdullah bin Amr bin as dari nabi beliau bersabda dikatakan pada pemilik Alquran iqro dan naiklah dan bacalah seperti kamu membacanya di dunia karena kedudukanmu di setiap akhir ayat yang kamu baca hadits riwayat abu Dawud Tirmidzi nasa’i dan Tirmidzi berkata hadits Hasan shahih.